Sabtu, Mei 7

10 Hal-hal yang Ditanyakan Saat Presentasi Sidang Proposal KTI (terutama buat anak FK)

Pada zaman dahuluu kala, tinggal lah seorang nenek tua di hutan belantara. Eh, gak salah deng.

Pada zaman dahulu kala, anak FK (fakultas kedokteran, red) gak diwajibkan buat skripsi atau karya tulis sebagai pemenuhan tugas akhir buat dapet gelar sarjana kedokteran. Nah, kurikulum yang baru (Kurikulum Berbasis Kompetensi) mewajibkan anak FK (terutama FK USU yang aku tahu) ..
Kemaren (tanggal 5 Mei 2011) ca sempat ngetweet
tentang hal2 yang sering ditanyakan saat sidang proposal KTI buat adek2 2008 FK USU. Ca post diblog lagi, mana tau ada gunanya.
#indahnya berbagi, hahaha


10 hal2 yang sering ditanyakan waktu sidang proposal KTI.


1. Judul.
Kenapa kamu milih judul itu? Yaah, jawablah seoke dan senyata mungkin. Misalnya belum ada penelitian sebelumnya.

2. tempat penelitian.
Kenapa kamu memilih tempat tersebut sbg tempat penelitian? Walopun alasan sebenarnya adalah krn dekat rumah, jawablah serasional mungkin. Ya ngarang2 dikit lah,hehe.

3. tujuan.
Setiap tindakan harus ada tujuannya toh. Semua 'tujuan' yg tertulis di proposal HARUS ada dan dibahas di hasil penelitian nantinnya.

4. manfaat.
Nah, yg sering ditanyain itu ttg manfaat buat sampel. Kita kan udah ngambil keuntungan dgn ngambil 'data' si sampel tadi, jadi harus ada keuntungannya juga buat sampel.

5. Kelima,
kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Kriteria eksklusi BUKANLAH kalimat negatif dari kriteria inklusi, tapi hal2 yg ingin kita singkirkan dari kriteria inklusi. Klo bingung, buat aja kriteria eksklusi nya "sampel yang tidak bersedia jadi responden", hihihi. Tp gk bs dipake buat yg make sampel rekammedis, haha.

6. jenis penelitian.
Harus tau apa itu deskriptif /analitik/ cross sectional/cohort/case control.

7. cara pemilihan sampel.
Ini dia yang paling dinanti-nanti. Sangat sangat sering ditanyakan. Pemilihan sampelnya probabality/nonprobability, terus random apa gak? Cara ngerandomnya gimana? Atau misalnya pake consecutive sampling, pasti ditanyain apa itu dan gimana caranya.

8. PERKIRAAN BESAR SAMPEL.
Benar saudara-saudara. Rumus2 itu yg ditanya. Ditanyain alpha nya diambil 0,05 atau 0,10? Yang total sampling aman deh karna gak pake rumus.

9. kuesioner.
Paling tar dikomentari penguji tentang pertanyaan dari kuesioner itu. Terus ditanyain bakal diuji validitas dan reabilitas gak, gimana cara ngujinya. Kmrn ca pake kuesioner yg udah divalidasi internasional jd gak perlu uji validitas dan reabilitas.

10. lupa.
Hehehe. Cukup sembilan aja deh yaaaa..

Nah, semoga berguna tipsnyaaa :)

And please leave comment :)

6 komentar:

  1. kuesioner uang udah divalidasi internasional itu download ya sist?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa didonlod di jurnal internasional :)

      Hapus
  2. nice post sis, btw sis mahasiswa FK USU?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou. Iya. Teman sejawat dr mana ya? :)

      Hapus
  3. ka makasih infoya. selain pertanyaan diatas ada ditanya mekanisme nya ga? trus ada contoh pembuatan ppt buat di sidangnya ga ka, makasih banyak

    BalasHapus
  4. iyaa kak tlong donk kak sher PPtT proposal kk kami mau sidang ni kak

    BalasHapus